hewan

Rabu, 10 Agustus 2011

Sebuah Renungan…..


(oleh : citra endah)

Dua nikmat yang terlupakan…..

“Ada dua nikmat,
dimana banyak manusia tertipu
didalamnya: yaitu kesehatan
dan kesempatan (waktu)”
[H.R Bukhari]

“Barangsiapa menggunakan kesempatan dan kesehatannya untuk taat beribadah kepada Allah SWT, maka dialah orang yang beruntung” [Kitab Fathul Baari]

Menjaga kesehatan merupakan suatu keharusan bagi seorang muslim. Karena dengan kondisi tubuh yang baik maka segala aktifitas dapat dilakukan dengan optimal. Apalagi ketika ibadah wajib yang harus kita lakukan menuntut kita untuk disiplin dan tubuh yang fit.

Oleh karena kesehatan adalahh suatu keharusan bagi seorang muslim, maka merusak kesehatan merupakan tindakan yang sama sekali tidak dibenarkan dalam islam.

Bila kita perhatikan, banyak sekali sekali factor yang dapat merusak tubuh atau dapat membahayakan kesehatan kita. Berikut ini merupakan factor-faktor yang tnpa kita sadari  dapat merusak tubuh kita atau membahayakan kesehatan.

  • Makanan yang berpengawet,
  • Sayuran/Buah yang tercemar pestisida,
  • Air minum yang tercemar limbah,
  • Makanan yang banyak memakai penyedap,
  • Polusi udara/asap kendaraan bermotor,
  • Rokok,
  • Stress dan kurang berolah raga, dan sebagainya.

Kini, dunia sudah banyak tercemar, rusak oleh tangan-tangan manusia, berbagai macam penyakit akan tumbuh dalam tubuh kita meski tanpa kita sadari. Bermacam racun, zat asing/ polusi udara/ polusi air dapat masuk dengan mudah ke tubuh kita.

Dengan kondisi seperti seperti ini, maka tindakan pencegahan maupun perbikan harus segera dilakukan. Sebab, mungkin kita tidak tahu sudah sejauh mana tubuh kita tercemar dan separah apa kesehatan kita terganngu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar