hewan

Kamis, 18 Agustus 2011

Mengakhirkan Sahur Menyegerakan Buka


          Diantara amalan-amalan dan adab-adab dalam puasa ramadhan adalah mengakhirkan sahur dan menyegerakan buka. amalan ini didasari oleh sabda Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam :
"Manusia senantiasa dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka puasa." (HR Bukhori, Muslim dan At-Tirmidzi)
  • Mengakhirkan sahur diantaranya memulai makan sahur pada waktu sebelum adzan subuh dikumandangkan kira-kira satu jam atau kurang. dan diantara manfaat mengakhirkan sahur adalah agar seseorang yang berpuasa akan lebih mempunyai kekuatan untuk beribadah pada hari itu sampai berbuka.
  • Menyegerakan buka puasa yaitu berbuka setelah matahari benar-benar terbenam atau ketika adzan maghrib tiba. menyegerakan buka puasa walaupun hanya dengan seteguk air, karena Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- selalu menyegerakan berbuka puasa walau dengan beberapa biji kurma, jikalau tidak ada maka cukup dengan beberapa teguk air.
          Manfaat menyegerakan buka puasa adalah agar tidak dianggap meniru amalan ahli kitab (Yahudi dan Nasrani). mereka berbuka puasa setelah nampak bintang-bintang atau sudah masuk waktu isya'. dan barang siapa yang tidak menyegerakan buka maka dianggap juga telah menyalahi sunnah (ajaran).
Imam Asy-Syafi'i berkata : "menyegerakan puasa hukumnya sunah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar