hewan

Rabu, 10 Agustus 2011

Hikmah Sholat Dhuha dan keutamaannya

(oleh : citra endah)

Sholat dhuha hukumya sunah muakkad. Oleh karenanya, siapa saja yang ingin memperoleh pahala dan keutamannya mengerjakan dan tidaklah berdosa apabila meninggalkannya. Namun rasulluh saw senantiasa mengerjakan sholat dhuha.
Rasulullah adalah teladan utama dalam segala hal. Beliau tidak akan mewasiatkan atau memerintahkan sesuatu sebelum mengerjakannya. Demikian pula dengan sholat dhuha. Menunaikan sholat dhuha selain sebagai wujud kepatuhan kepada allah dan rasulnya, juga sebagai perwujudan rasa syukur dan taqwa kepada allah karena allah maha hikmah. Apapun amal ibadah yang disyariatkan akan mengandung banyak keutamaan dan hikmah. Dan di antara keutamaan dan hikmah dari sholat dhuha adalah adalah sebagai berikut :

1.         Sholat Dhuha adalah Sedekah
Rasullah bersabda,
setiap ruas dari anggota tubuh kita pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan sholat dhuha dua rakaat setiap pagi. (HR. Muslim dari Abu Dzar)

2.      Sholat Dhuha sebagai Investasi Amal Cadangan
sholat adalah amal yang yang pertama kali diperhitungan pada hari kiamat. Sholat juga merupakan kunci semua amal kebaikan. Sholat sunnah termasuk sholat dhuha merupakan investasi atau amal cadangan yang dapat menyempurnakan sholat fardhu (wajib).
Rasullulah saw bersabda,
Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajib, maka allah berfirman, “perhatikanlah, jikalau hambaku mempunyai sholat sunah maka sempurnakanlah dengan sholat sunahnya sekedar apa yang menjadi kekurangan pada sholat wajibnya.”  Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya.” (HR.Ash-habus Sunan dari Abu Hurairah RA)

3.      Dicukupi Kebutuhan Hidupnya
Orang yang gemar melaksanakan sholat dhuha karena allah, akan diberikan kelapangan rezeki oleh allah. Rasulullah saw menjelaskan dalam hadits Qudsi dari Abu Darda’ bahwa Allah berfirman :
Wahai anak adam, rukulah (sholatlah) karena aku pada awal siang (sholat dhuha), maka aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore.

4.      Pahala Haji dan Umrah
Rasullah bersabda,
Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk allah sampai matahari terbit. Kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan sholat dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya. (H.R Tirmidzi)

5.      Diampuni Semua Dosanya Walau Sebanyak Buih di Laut
Rasulullah bersabda,
Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

6.      Istana di Surga
allah akan membangun istan di surga bagi orang yang gemar sholat dhuha, rasullah bersabda, barangsiapa shalat dhuha 12 rakaat maka allah akan membangun istana dari emas di surga. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Demikian beberapa keutamaan dan hikmah dari sholat dhuha, semoga menjadi motivasi bagi kita semua. Dan agar kita berusaha mencoba dan tidak ada ruginya untuk kita meluangkan waktu kurang lebih 7 menit untuk melaksanakan sholat dhuha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar